MARHABAN YA RAMADHAN MARHABAN YA SYAHRU SYIAM

WELCOME

GROSIR LANCAR BERKAH (PRODUSEN CAMILAN KHAS INDONESIA) INSTAGRAM

Minggu, 10 Maret 2013

MEMANDIKAN BAYI


Bayi dapat dimandikan dengan cara yang sama seperti orang dewasa, dengan mandi menggunakan spon atau bak mandi yang kecil. Akan tetapi perawat harus mengambil tindakan pencegahan khusus, karena mekanisme kontrol temperatur bayi masih belum matang, pemaparan bagian tubuh yang lama menyebabkan pendinginan yang cepat. Ketika memberikan mandi spon, perawat harus menjaga tubuh bayi tertutup sebanyak mungkin. Untuk mandi di bak, perawat harus bekerja dengan cepat dan yakin bahwa suhu air cukup hangat untuk mencegah kedinginan.

Persiapan alat

-          kemeja
-          popok (sekali pakai atau kain )
-          pin pengaman jika menggunakan popok kain
-          kain pembersih yang lembut
-          kapas
-          handuk
-          tisu wajah
-          sabun tidak berparfum yang ringan digunakan hanya untuk daerah berminyak sekitar anus
-          alcohol untuk tali pusat
-          jeli petroleum untuk mencegah ruam akibat popok
-          baskom
      Prosedur pelaksanaan
-          mempersiapkan baskom air hangat
-          mencuci muka, mata, telinga dan kulit kepala bayi sebelum melepaskan kemeja dan popok. Mata dan telinga bayi dibersihkan dengan bola kapas bersih yang dilembabkan atau kain pembersih. Mata dibersihkan dengan hati-hati dari dalam ke luar kantus, menggunakan kapas yang bersih untuk setiap usapan atau memutar kain sehingga hanya bagian bersih yang menyentuh mata.ketika mencuci muka , perawat menginspeksi lubang hidung atau telinga karena bayi dapat bergerak tiba-tiba, sehingga akan menyebabkan penyeka memecahkan dan merusak gendang telinga atau membran mukosa. Kulit kepala bayi dapat dibersihkan dengan menyeka sekresi apapun dengan kain pembersih. Akan tetapi jika bersampo diperlukan , perawat melindungi kepala bayi dengan satu tangan dan memposisikannya di atas baskom. Sabun ringan adalah yang paling baik untuk bersampo. Perawat membilas kulit kepala dengan menuangkan air dari cangkir kecil atau tempat air di atas kepala bayi ke dalam baskom.
-          Baju bayi ditanggalkan untuk mandi selanjutnya. Karena kulit bayi semsitif, sedikit gosokan harus dilakukan ketika membersihkan, dan beri perhatian khusus untuk lipatan di leher, aksila dan lipatan pada tulang sendi. Tali pusat harus dibersihkan dengan sabun ringan dan air dan dikeringkan dengan hati-hati. Alcohol dapat digunakan pada umbilicus untuk membantu mengeringkan dan mengurangi peluang terjadi infeksi. Perawat memandikan genetalia bayi terlebih dahulu sebelum bokong 
-          Kemudian perawat memakaikan bayi baju.
 


0 komentar:

Posting Komentar

GROSIR KRIPIK TEMPE TOKOPEDIA